Apakah Internet of Things (IoT) itu?

Internet of Things (IoT) adalah internetworking perangkat fisik, kendaraan, gedung, dan barang-barang-tertanam lainnya dengan elektronik, perangkat lunak, sensor, aktuator, dan konektivitas jaringan yang memungkinkan benda-benda untuk mengumpulkan dan pertukaran data. Pada tahun 2013 Standar Global Initiative di Internet of Things (IOT-GSI) mendefinisikan IOT sebagai “infrastruktur masyarakat informasi”. IoT memungkinkan objek yang akan dirasakan dan / atau dikendalikan dari jarak jauh di seluruh infrastruktur jaringan yang ada, menciptakan peluang untuk integrasi yang lebih langsung dari dunia fisik ke dalam sistem berbasis komputer, dan menghasilkan peningkatan efisiensi, akurasi dan manfaat ekonomi. Ketika IoT ditambah dengan sensor dan aktuator, teknologi menjadi lebih canggih, yang juga mencakup teknologi seperti smart grid, rumah pintar, transportasi cerdas dan kota pintar. Setiap hal yang unik diidentifikasi melalui sistem komputasi tertanam tetapi mampu beroperasi dalam infrastruktur internet yang ada. Para ahli memperkirakan bahwa IoT akan terdiri dari hampir 50 miliar benda 2020.

Biasanya, IoT diharapkan untuk menawarkan konektivitas canggih dari perangkat, sistem, dan layanan yang melampaui komunikasi mesin-ke-mesin (M2M) dan mencakup berbagai protokol, domain, dan aplikasi. Interkoneksi perangkat tertanam (termasuk objek pintar), diharapkan untuk mengantarkan otomatisasi di hampir semua bidang, sementara juga memungkinkan aplikasi canggih seperti smart grid, dan memperluas ke daerah-daerah seperti kota pintar.

“Things” dalam arti IoT, dapat merujuk ke berbagai perangkat seperti pemantauan jantung implan, biochip transponder pada hewan ternak, mobil dengan built-in sensor, perangkat analisis DNA untuk lingkungan / makanan / patogen, pemantauan atau perangkat operasi lapangan yang membantu petugas pemadam kebakaran dalam operasi pencarian dan penyelamatan. Perangkat ini mengumpulkan data yang berguna dengan bantuan berbagai teknologi yang ada dan kemudian secara mandiri meneruskan data dengan perangkat lain. Contoh pasar saat ini termasuk otomatisasi rumah (juga dikenal sebagai perangkat rumah pintar) seperti kontrol dan otomatisasi lampu, pemanasan (seperti termostat cerdas), ventilasi, sistem AC (HVAC), dan peralatan seperti mesin cuci / pengering, Vacuums robot, pemurni udara, oven atau lemari es / freezer yang menggunakan Wi-Fi untuk pemantauan jarak jauh.

 

Sumber : Wikipedia.

*Gambar diambil dari http://electronicsofthings.com

Leave a response